Saturday, September 10, 2016

Permission File Linux


Om Suasty astu,
Kali ini saya akan menjelaskan cara mengatur hak akses di linux . pasti kalian bingung kenapa saat membuat semua user kalian dapat mengakses file menggunakan chmod 777 , dari mana si asal angka 777 itu ? dan adakah cara lain selain menggunakan 777 ? untuk menjawab pertanyaan itu saya membuat postingan kali ini yang terinspirasi dari sebuah modul pdf yang saya baca. Oke tidak usah berlama-lama kita langsung saja ke intinya.
Permission file merupakan sebuah cara membatasi hak suatu user, group , atau yang lainnya untuk membaca , mengedit dan menjalankan sebuah file atau direktori. Maka privasi suatu user dan group atau yang lainnya dapat terjaga kecuali super user atau root yang merupakan memiliki hak akses menyeleruh terhadap semua yang ada di sebuah sistem. Untuk mengatur permission file di linux menggunakan perintah chmod . mengatur permission file dapat dilakukan dengan 2^ cara yaitu:
1. Menggunakan bilangan Bit
Permission file dengan menggunakan bit terdiri dari 3 kelompok yaitu user, group, other dan masing-masing memiliki 3 digit bineri yaitu
R = read (membaca/membuka  file dan direktori)
W = write (menulis/mengedit file dan direktori)
X = execute (menjalankan/mengeksekusi file dan direktori)
d
rwxrwxrwx
Direktori jika file fusergroupother

Cara penghitungannya yaitu: (^ artinya pangkat ya soalnya pihak blogger belum menyediakan atau saya yang kurang tahu )
rwx
2^22^12^0

Maka jika anda ingin membuat rwx maka 2^2 + 2^1 +2^0 = 7 atau membuat rw = 2^2 + 2^1 = 6  dan seterusnya
Contoh :
File seni.txt akan diberi akses penuh kepada user dan akses group dan other  dibatasi hanya membaca dan mengeksekusi
Maka dapat disimpulkan
U (user)    rwx = 2^2 + 2^1 + 2^0 = 7
G (group) rx = 2^2 +  _  + 2^0 = 5
O (other) rx = 2^2 +  _  + 2^0 = 5
Maka hak aksesnya 755 dan
# chmod 755 seni.txt


2. Menggunakan simbol
Dengan mengunakan metode simbol lebih sederhana karena hanya menggunakan dua konsep yaitu
+ = memberikan permission suatu file dan direktori
- = menghapus permission suatu file dan direktori
Contoh :
Jika file 1234.txt akan dibuat user dengan akses penuh dan group read dan write dan other readmaka
# chmod u+rwx 1234.txt
# chmod g+rw 1234.txt
# chmod o+r 1234.txt

Jika anda ingin menghilangkan hak write 1234.txt untuk group maka
# chmod g-w 1234.txt


Sekian postingan kali ini saya ucapkan terima kasih karena sudah berkunjung saya tunggu kritik dan sarannya di kolom komentar di bawah . saya minta maaf jika ada kesalahan dalam postingan saya kali ini. Salam BLOGGER !!! dan salam OPEN SOURCE !!!
Om santi,santi,santi om

No comments:

Post a Comment